PSM (PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN

PSM " PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN"


Okee,,, sekarang kita akan melancong ke Provinsi Jawa-Timur….dimana di Provinsi ini terdapat sebuah Kabupaten yang dekat dan bertetanggaan dengan Provinsi Jawa-Tengah yaitu Magetan… di kabupaten ini terdapat sebuah pondok pesantren yang bernama PSM “Pesantren Sabilil Muttaqien.


Ponpes ini memiliki semboyan yang disebut dengan Trilogi PSM yaitu ILMU-AMAL-TAQWA. Pendiri pesantren ini adalah Mbah Kiyai Hasan Ulama’. Berikut riwayat singkat Mbah Kiyai Hasan Ulama’. Mbah Kiyai Hasan Ulama’ adalah seorang tokoh pemuka agama yang sekaligus ulama’ ahli Hikmah Sufiyah. Beliau putra dari Mbah Kiyai Khalifah atau Pangeran Cokrokertoapati. Mbah Kiyai Khalifah merupakan seorang penasehat spiritual dari Pangeran Diponegoro ketika saat terjadi peperangan dengan Kompeni Belanda. Mbah Kiyai Khalifah mengungsi ke arah Timur untuk menghindar dari pengejaran Kompeni Belanda, hingga sampailah ke wilayah Ponorogo di sebuah desa yang disebut sebagai desa Bogem-Sampung. Kemudian Mbah Kiyai Khalifah mendirikan masjid dan pesantren di wilayah tersebut.
Mbah Kiyai Khalifah berasal dari Kebondalem Kemusuk Argomulyo Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau memiliki putra yang bernama Mohammad Jaiz yang menuntut ilmu (nyantri) di pesantren Tegalrejo, Semen, Nguntoronadi. Pesantren tersebut didirikan oleh K.H Abdurrahman. Kemudian Mbah Mohammad Jaiz diambil mantu oleh K.H Muhammad Ilyas (merupakan seorang Fuqoha’ dan penghulu di wilayah Gorang-Gareng, Magetan), dinikahkan dengan putrinya yang bernama Siti Insiyah yang merupakan cucu dari K.H Abdurrahman. Selanjutnya Mbah Mohammad Jaiz diberi nama atau dipanggil dengan nama Mbah Hasan Ulama. Dari perkawinan tersebut melahirkan 7 putra-putri, yaitu :

  1. KH. Imam Muttaqien (Takeran) 
  2. Siti  Masyrifah/ Ny. Imam Tafsir (Takeran)   
  3. Ky. Muhammad Umar (Takeran)
  4. Siti Kuning/ Ny. Ky. Sahid (Takeran)
  5. Siti Melok/ Ny. Muhammad Sareh (Kebondalem Takeran)
  6. Siti Melik/Ny. Ky. Abu Syukur Salim (Takeran)
  7. Farilahut/Ny. Sakeh (Takeran)
Mbah Kiyai Hasan Ulama’ bersama mertuanya babat dan merintis tempat pemukiman di Nglorok Takeran, yang kemudian didirikan masjid dan Pesantren dengan nama Pesantren Takeran pada tahun 1303 H. Setelah didirikan Pesantren Takeran untuk memperkuat posisi Pesantren Takeran, mbah Ky Hasan Ulama’ mengajak saudaranya yang berasal dari Kemusuk Kebondalem Argomulyo, Bantul Yogyakarta sebagai magersari, diantaranya:
  1. Ky. Hasan Thoiron bertempat di Takeran Lor
  2. Ky Hasan Mukarom bertempat di Landangan – Takeran
  3. Ky Hasan Mukmin bertempat di Nglorog Takeran
Dan ada beberapa sahabat beliau yang ikut membantu memperkuat Pesantren Takeran, yaitu:
  1. Ky. Moh. Zaid dari Kertosono yang tinggal di Nglorog Takeran
  2. Ky. Hasani dari Ponorogo yang tinggal di Mangu Takeran
  3. Ky. Hasyim bin Ky. Hanafi Brangkal Kedungpanji yang tinggal di Kunti Takeran
  4. Mbah Lurah Ngampon Takeran
Dan masih banyak lagi sahabat beliau yang lain, apalagi setelah beliau diamati menjadi Mursyid Thoriqoh Syathoriyah dari Pesantren Tegalrejo. Diceritakan bahwa beliau mendapat amanat sebagai Mursyid Thoriqoh Syathoriyah setelah menyelesaikan tahapan-tahapan/muqom dengan lakon dan pitukon yang telah ditentukan, dengan bimbingan dari Guru/Washitah mursyid sebelumnya yaitu Mbah K.H Sari Muhammad, Bogem Ponorogo dan Mbah Nyai Harjo Besari binti K.H Abdurrahman yang juga merupakan Mursyid Thoriqoh Syathoriyah.



Setelah Mbah Kyai Hasan Ulama’ memegang Mursyid Thoriqoh Syathoriyah dan mendirikan Pesantren Takeran, beliau meletakkan dasar-dasar atau azas Pesantren Takeran yang merupakan cikal bakal Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM) yang tercantum dalam Majmu’ah Risalah. Di Majmu’ah Risalah tersebut tertulis bahwa “Mbah Kiyai Hasan Ulama’ mendirikan Pesantren Takeran mempunyai maksud dan tujuan yaitu mendirikan dan mewujudkan sumber pendidikan, pengajaran, dan penyiaran Islam seluas-luasnya”. Dasar cita-cita beliau adalah “ Memancarkan pendidikan luas tentang Islam sehingga Pesantren ini dapat mengeluarkan sebanyak-banyaknya orang yang cakap dan luas  serta tinggi kefahamannya tentang agama Islam rahin berbakti dan beramal kepada masyarakat, berdasarkan Taqwa kepada Allah, sehingga menjadi anggota masyarakat yang berilmu (terpelajar), beramal dan bertaqwa”.
        Berikut wasiat Mbah Kiayi Hasan Ulama’ untuk putro wayah/putro murid sebagai pedoman kehidupan, wasiat/ Dedawuhing Guru tersebut diantaranya:

  1. OJO KEPENGEN SUGIH, LAN OJO WEDI MLARAT
  2. PILIH NGENDI,SUGIH TANPO IMAN OPO MLARAT ANANGING IMAN
  3. OJO DEMEN NGUDI PENGARUHING PRIBADI, KANG ONO DI OPENI KANTHI TEMENAN, OJO KESENSENGSEM GEBYARING KADONYAN, KANURAGAN LAN PENGAWASAN DUDU TUJUAN. TOPO NGRAME LAKONONO
  4. SUMBER BENING ORA BAKAL GOLEK TIMBHO
  5. OJO DEMEN OWAH-OWAH TATANAN PORO SEPUH, WAJIBE MUNG NGOPENI LAN NGLESTAREAKE
  6. OJO DEMI NYUNGGI KATHOKE MBAHE, AMAL SHOLEH TINDAKNO
  7. NYAWIJI ING DALEM KAUTAMAAN, PISAH SAK JERONING KEMAKSIATAN, ING TEMBE BAKAL ONO TITI MANGSANE, ANAK PUTU ONO KANG NEMU EMAS SAK JAGO GEDHENE, ANANGING YO MUNG KANDEKNSAK MONO IMANE
  8. ORA LIWAT ANAK PUTUKU SING GUYUB RUKUN, DI PODO TANSAH NGRAMEAKE MASJID, TAK PANGESTONI SLAMET DONYO AKHIRAT
  9. OJO KENDAT TANSAH NINDAK AKE MUJAHADDAH TAUBAT, KOYO KANG WIS DI PARENGAKE GURU
j    Jika ingin melihat sejarah PSM lebih jauh bisa klik http://sabililmuttaqien.blogspot.com/ :)


3 komentar

PSM Juga merupakan trah dari Kyai kasan besari tegalsari ponorogo mempunyai anak Nyai muhamad bin umar mempunyai anak kyai Maulani nyai Abdur Rohman (istrinya Kyai H, Abdurb Rohman mempunyai anak
1. K,Moch,Sulaiman
2. Nyai H, Moch Iljas
3. Nyai Harjo Besari
4, K.Djoyo Besari
5. KH. Ibrohim
6, K.Noorbasari II
7. Nyai Alim Muntoha

Nyai Moch Ilyas mempunyai anak siti insiyah nikah dengan Kyai Ulama mempunyai anak 12 . Kalau Nyai Harjo Besari mempunyai anak 9 salah satunya anak ketiga bernama Nyai mangon basari menurunkan anak Nyai Abdullah mempunai anak Nyai Muhamad Dahlan mempunyai anak Muflihatun/ny Soekartojo mempunayi anak Siti nurul aw/Ny Wawang MW

Reply

Kyai Hasyim bin Kyai Hanafi Brangkal itu juga cucunya Nyai Harjo Besari. Kyai Abdur Rohman mempunyai anak Nyai Harjo Besari mempunyai anak Kyai Hanafi mempunyai anak Kyai Hasyim

Reply

"kyai Maulani nyai Abdur Rohman (istrinya Kyai H, Abdurb Rohman mempunyai anak" maksute piye iki...mohon dijelaskan? No 7 Nyai Alim Muntoha...siapakah yg dimaksud ? suaminya Eyang Ali Muntahaz Kedondong Kebonsari-kah????

Reply

Posting Komentar